Tentang SOM AI

Halo, Nabil di sini. Sedikit cerita tentang awal mula SOM AI dibuat, di awal 2023, gue dan temen-temen di kampus lagi masa-masanya skripsian dan kita semua ngejar lulus tepat waktu (8 semester). Memang gak mudah buat mengejar semuanya sampai bisa lulus tepat waktu, mulai dari pengumpulan data penelitian, proses bimbingan sama dosen, ritual seminar, sidang, dan seluruh rangkaian prosesnya punya tantangannya tersendiri.

1. Tantangan Skripsian

Ada 1 atau 2 orang key person yang menurut kita, sebagai mahasiswa, sangat krusial dalam proses penulisan skripsi: dosen pembimbing. Beliau punya kuasa penuh atas skripsi kita, apakah bisa diteruskan ke proses selanjutnya atau enggak. Di tengah seluruh kesibukan beliau, tentu sebagai mahasiswa kita pengen dong punya pembimbing yang bisa kita tanya-tanyain setiap saat tentang skripsi kita biar kita gak kehilangan arah, iya kan?

2. SOM AI Lahir

Nah, awal 2023 itu adalah masa booming-nya generative AI. Gue membayangkan dengan kemampuan generative AI ini, mahasiswa bisa sangat terbantu untuk bertanya tentang skripsi tanpa kenal jarak dan waktu. Mulai lah di tanggal 21 Maret 2023 gue nyoba untuk membuat versi sederhana chatbot AI yang bisa merespon seluruh pertanyaan user buat ngebantu temen-temen gue yang kesusahan konsultasi sama dosen pembimbingnya.

Gue mencari kata dalam Bahasa Indonesia yang berakhiran ‘AI’ karena gue gak punya ide lain untuk ngasih nama chatbot AI ini. Jadi lah namanya SOM AI, karena yang gue pikirkan pada waktu itu adalah makanan somay 🤗.

Versi pertama SOM AI (Maret, 2023)

Setelah gue bikin SOM AI versi pertama yang sangat sederhana itu, dengan pedenya gue kasih tau tentang SOM AI ke temen-temen gue di kampus yang lagi skripsian lewat WA group. Gak disangka-sangka, ternyata temen-temen gue gak ada yang respon 🤣. Yang ada malah dosen gue yang ngucapin selamat memasuki bulan suci ramadhan wkwkw.

3. Viral di TikTok

Karena temen-temen gue di kampus masih belum aware dengan kecanggihan SOM AI ini, gue mencoba untuk bikin konten tentang SOM AI di Instagram Reels dan TikTok. Dari sinilah keviralan SOM AI dimulai. Konten gue tentang SOM AI di TikTok masuk FYP dan jadi banyak banget yang akses SOM AI, meskipun waktu itu masih pakai domain nabilrei.my.is/somai

4. Antusias Semakin Besar

Seiring berjalannya waktu, banyak content creator di TikTok dan Instagram yang membantu mempromosikan SOM AI yang pada akhirnya membuat SOM AI semakin dikenal mahasiswa di seluruh Indonesia. Terima kasih banyak kakak-kakak content creator 🙏🏻🥺

Setelah SOM AI versi pertama yang sangat sederhana ini berjalan selama 8 bulan, gue mengajak temen-temen gue di kampus (ada Hanim, Tio, Dewa, dkk) untuk ikut mengembangkan SOM AI yang lebih canggih biar mahasiswa lain bisa ikut merasakan kemudahan pas lagi ngerjain skripsi. Di bulan November 2023, kita launching SOM AI versi baru yang jauh lebih canggih dan sampai saat ini terus kita maintenance biar bisa membantu mahasiswa yang lagi skripsian sampai mereka lulus.

Nabil Raihan Alfarizi

Inisiator

Tio Ramadhan

Full-Stack Developer

I Dewa Putu Semadi

Full-Stack Developer

Hana Tasnim

UI/UX Designer

Bagas Ilham

iOS Developer